Diberdayakan oleh Blogger.

AAA With Indonesian Viner

Salah satu jejaring sosial yang lagi nge-trend adalah Vine, siapa disini yang ndak tahu Vine? Oke, gua jelasin dulu, Vine itu merupakan aplikasi yang awalnya diadaptasi oleh Twiter, dimana Aplikasi tersebut menyediakan Tempat untuk berbagi Video berdurasi Maksimal 6,8 detik. Lebih mudahnya, kalo Instagram itu aplikasi buat berbagi Foto dan Video, kalo Vine itu cuma khusus berbagi Video.

Nah, kalo kalian Up to date dengan Instagram, kalian pasti gak asing dong sama akun yang Namanya Indovidgram? Indovidgram yang merupakan singkatan dari "Indonesia Video Instagram" merupakan Komunitas dengan akun yang berisi video-video Lucu atau Video yang bergenre Comedy, tapi gak semua video Indovidgram itu Bergenre comedy, bisa saja bergenre musik atau art kayak stop motion dan lain-lain. Kalo kalian merupakan penonton dari Indovidgram, maka alangkah baiknya kalo kalian juga memiliki Vine, karna dalam Vine, ada juga akun yang memuat Video bergenre comedy, musik atau stop Motion kayak Indovidgram, akun tersebut bernama "Vine Indonesia" atau biasa disingkat "Vindo". Kalo kalian pengen liat akun Vine Indonesia, kalian bisa klik disini.

Nah, yang namanya komunitas, pasti gak lepas dari Anggota. Sama halnya dengan Vine Indonesia, pasti didalam komunitas tersebut ada salah satu Anggota. Nah, kali ini gua mendapat kesempatan untuk mewawancara salah satu Anggota Vindo yaitu Yohanes atau biasa dikenal dalam Vine sebagai Jöhannes Jr. Bagi kalian yang ndak tahu siapa itu Jöhannes Jr, gua bakal jelasin sedikit siapa itu Jöhannes Jr.

Jöhannes Jr

Yohanes atau biasa lebih dikenal dengan sebutan Jöhannes Jr (Jöhannes dengan titik dua di atas huruf o-nya), seorang Mahasiswa berumur 19 tahun yang berkuliah di Bina Nusantara yang saat ini juga sedang memiliki hubungan dengan salah satu seorang Indonesian Viner yaitu Karina Boenardi atau biasa dikenal dengan sebutan Karboen. Bagi kalian yang pengen liat Video yang dia bikin, kalian bisa lihat Vine-nya di sini. Oke, itu aja perkenalan singkat tentang Yohanes, Lets Check the AAA... (AAA ini sudah melewati proses pengeditan sesuai dengan kebutuhan...)

Sebelum memulai AAA-nya, bolehkan dimulai dari perkenalan singkat dulu?

Hai, nama gue Yohanes, umur 19 tahun, kuliah di Bina Nusantara. Tapi kalian bakal kenal gue di dunia Socmed itu dengan username : Jöhannes Jr

Kalo Boleh Kepo, kenapa huruf "ö" yg di usernamenya pake ö umlaut?

Tadinya pake o biasa. Tapi dipikir, kayaknya keren-an dan ga mainstream kalo pake ö ini. Dan ini juga buat identitas unik supaya diinget orang "Oh, Johannes yang ö nya ada titik dua diatas ya?" Wkwk

Oalah oke, balik lagi ya... Belakangan ini, elu lagi sibuk apa?

Hmm, sibuk kuliah aja akhir-akhir ini sama lagi merencanakan buat bisnis kedepannya.

Wah, sudah mulai merencanakan bisnis... Bisa diceritakan ndak sih, asal usul elu bisa sampai jadi Viner Indo?

Pertama tau Vine sejak hari pertama Vine dirilis, sebenarnya udah ada id-nya tapi bingung dan masih belum tau kayak mana sih buat vine yang bagus itu gimana, Jadi id-nya sempet terbengkalai sekitar setahun kurang.

Awal buat Vine sih kirain kaya instagram, jadi album video di internet kita. Nah ternyata, semenjak explore-explore Vine kok banyak jenisnya, dari musik, sport, terutama comedy spesialis yang saya Jurusi.

Sebenarnya, semua orang juga udah jadi Viner Indonesia, asal dia punya Vine dan tinggal Indonesia. Bener kan?

Haha, iya asal tinggal di Indonesia dan punya Vine aja udah cukup jadi Vindo... Nah kemudian, elu mulai nge-Vine sejak kapan?

Mulai Vine sudah semenjak pertama kali kenal aplikasi Vine, kalo gak salah 24 Januari 2013. Tapi baru aktif ya mulai Januari 2014 sampai sekarang puncaknya.

Oke, menurut elu sendiri, Vine itu apa sih?

Vine itu seni yang dialirkan melalui video berdurasi maksimal 6,8 detik dengan berbagi macam aliran dan budaya di dalamnya serta kreatifitas yang tak terbatas.

Sahh, boleh bahasanya... Lalu, apa yang menyebabkan elu suka sama Vine?

I can find my life here, I found my passion to entertain many peoples. I love to see their smile and laugh, just make them happy-lah.

Oalah, oke... Terus, biasanya Inspirasi yang lu dapetin buat dijadiin Vine itu dari mana aja?

Dari mana aja, kebanyakan ya dari Trend Vine sendiri condong kemana. Tapi sih bagusnya kalo mau, bikin ciri khas sendiri jadi dikenal orang dengan ciri khas kita. Tapi kalo belum bisa ya gak apa-apa, sembari belajar dan mencari jati diri dulu deh anggepnya, hahaha...

Kalo elu sendiri, Ciri khasnya gimana?

Ciri khas gue? Wah bingung juga ya. Sebenernya, ciri khas cuma bisa orang lain yang nilai. Kalo gue sendiri anggepnya belum nemu ciri khas sih.

Oke dah... Terus nih, lu tau gak Indovidgram?

Tau kok. Komunitas di instagram kan?

Ya, nah, dibandingkan Vine, ada gak sih keunggulan dari Vine atas Indovidgram?

Tentu ada! Dari durasi dan fitur sendiri, Vine cuma nyedian maksimal 6,8 detik dan disitu kita dituntut kreatif buat nyampein pesan apapun itu yang kita maksud supaya yang laen itu ngerti apa maksudnya. So, otak kita dituntut lebih kreatif dan ngilangin scene yang "kurang penting" untuk langsung 'Jleb' ke tujuan awal bikin videonya. Terus, fitur Auto loop yg vine punya juga nge-bantu banget, gak perlu pencet play, tinggal scroll-scroll aja untuk liat video selanjutnya, tontonin dah videonya yang keputer sendiri sampe kebawa mimpi, wkwk...

Oke dah, berarti para Viner harus kerja keras dalam proses time estimating ya...

Betul sekali. Waktu 6,8 detik bisa kerasa lebih lama kalo kita pinter memanipulasinya.

Terus, ada ndak suka-duka sebagai seorang Viner?

Suka-duka pasti ada. Sukanya ya kalo dapet followers, fans, temen baru, apalagi jodoh! Hahaha, ya suka aja kalo Vine kita laku. Disamping bikin kita Kece, bangga, malu-maluin keluarga, itu kan menghibur orang-orang.

Terus kalo dukanya ya, hinaan. Dari 1.000 orang yang berteman atau suka sama kita, mustahil gak ada satupun yang gak suka sama kita.

Kira-kira apa tanggapanmu terhadap para Hatersmu?

Thanks for hating me! Gue ga bisa menutup mulut-mulut para haters itu sendiri, I don't care tentang omongan negatif mereka apapun tentang gue. Hal termudah selain menutup mulut mereka semua, ya.. Lebih baik menutup telinga kita sendiri.

Jangan pernah takut dan depresi saat ada haters. Justru disitulah seharusnya kita tunjukin kalo kita emang lebih baik dari mereka. Ada Haters, ada Fans, Negatif-Positif. Bayangin aja, Viners yang udah top dunia hatersnya banyak, Tapi fansnya? LEBIH BANYAK LAGI!

Wah... iya sih, pokoknya apapun yg mereka katakan, Just #DoItForTheVine hehe...

Yup Hahaha....

Kemudian, Hal apa yang biasa mengganggu saat ngebuat/ngedit video Vine?

Ngebuat video pasti masalah inspirasinya. Mau tentang apa videonya? Gimana ngambil takenya? kayak mana ekspresinya? Pake backsong music apa biar pas kalo perlu? Dll

Ngedit sendiri gue ga ada masalah sih selama ini, toh vine cuma 6,8 detik, dan itupun gue bisa ngeditnya sampe 20-40 menit untuk milih mana-mana aja scene-scene terbaik yg gue take dan mastiin durasinya itu ga lebih dan ga kurang buat dapetin tujuan vine kita sendiri.

gue juga selalu setel itu ulang, kalo uda jadi dan liat gimana hasilnya, kalo ada yang kurang biasa gue edit lagi terus baru deh di upload

Okelah, ada gak rencana kedepannya yang berhubungan dengan dunia Vine?

Belum kepikiran karena Vine di Indonesia juga masih dalam tahap pengenalan. Semoga ke depannya Vine di Indonesia maju dan gue makin bisa dikenal, wkwkwk

Okelah sukses... Ada gak tips cara membuat Vine yang bagus?

Vine yang bagus itu vine yang videonya gak patah-patah, kualitasnya bagus alias jelas (gak gelap). Terus juga punya pesan yang disampaikan, apapun itu.

Tambahan aja sih, sering salah kaprah di Indonesia, Vine itu gak Harus Komedi, banyak macam-macam Vine kayak sport, music, art, dll. Liat deh user @pinot dia bikin Vine dengan gambaran stop motion. Terus liat @ustheduo. Mereka bikin Vine music udah masuk 10 besar viners top dunia.

Iya sih, dulu gua kira Vine itu cuma guyonan semua. Ndak taunya ada yang tentang musik, stop motion, olahraga, dll. Mungkin itu sih yang orang Indonesia perlu rubah, yaitu tentang pandangan mereka tentang vine.

Wajar, karena unsur Comedy juga orang banyak suka dan bikin ngakak ditonton untuk hiburan juga. Tapi jangan salah kaprah, Vine selain Komedi, yang lainnya gak kalah juga. Mindsetnya udah salah untuk vine yang Harus lucu, padahal kan nggak.

Iya sih, oke, yang terakhir nih. Di Akhir AAA ini, ada gak pesan yang pengen disampaikan buat para readers yang pengen jadi Viner atau ada Viner yang kebetulan baca AAA ini?

Vine itu aplikasi yang bakal booming kedepannya, Untuk yang baru mau coba nge-Vine, yuk! sekarang waktunya.. ga ada kata terlambat, karena Vine juga masih termasuk aplikasi baru, kurang dari 2 tahun. Semua juga berawal dari 0, gak ada yang instan.

Untuk Viner : Keep Vining! Don't try to be original if you can't, because actually Nothing is original, just be Creative by connecting the things. Vine Your World! (Artinya : Terus nge-Vine! Jangan menjadi biasa-biasa aja kalo kamu ndak bisa menjadi biasa-biasa aja, karena sebenarnya ndak ada yang biasa-biasa aja, tetap Kreatif dengan menggunakan apapun. 'Vine'-lah duniamu!).

Gimana, kalian tertarik dengan Vine? segeralah sign up, terus mulai bikin video kreatif-mu, seperti kata Yohanes gak ada kata terlambat buat nge-Vine.

Ya, itu aja AAA gua kali ini, mudah-mudahan bisa menginspirasi kalian dalam Vine. Jangan lupa cek Vine-nya Yohanes di Jöhannes Jr dan elu juga bisa cek Twitter-nya di @ImYohanes. Thanks for Read.

2 Komentar:

  1. Weits, saikdah! Pakai acara wawancara beeeuh:3

    Sukses utk viners!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Thanks \o/

      Amin sukses, Viner juga kah sis?

      Hapus