Diberdayakan oleh Blogger.

69 years after Freedom

15 Agustus tahun 45, Lusa-nya hari kemerdekaan kita~~

Ya, mungkin statement itu yang bisa gua berikan untuk post gua hari ini, karna sebenarnya Hari kemerdekaan Indonesia masih H-2 lagi, tapi berhubung gua mosting blog tiap hari Jumat, apa boleh buat, jadi gua mempercepat Hari kemerdekaan Indonesia deh... #Gaul Kali ini, gua cuma pengen ngebahas kesan-kesan gua selama jadi orang Indonesia, sekalian merayakan H-2 nya kemerdekaan Indonesia.


Overall, gua bangga banget jadi orang Indonesia, walau banyak hal yang masih gua ndak suka dari Indonesia, tapi gua mesti berbangga bisa hidup di Indonesia yang kaya akan suku, bahasa, budaya, sumber Alam dan lain-lain, apalagi gua memang dilahirkan di Indonesia, gua tumbuh di Indonesia, gua makan di Indonesia, bahkan gua buang air pun di Indonesia, artinya, sudah seharusnya gua harus menghargai dan menghormati Indonesia ini. Memang banyak hal yang mungkin kita ndak suka dari Indonesia, seperti kasus korupsi, kurangnya tanggung jawab, banyaknya janji palsu, dll, tapi apapun alasannya, Kita sebagai Bangsa Indonesia Harus Menjunjung Tinggi Indonesia.

Dalam post ini, gua bakal ngebahas tentang beberapa problem dalam Indonesia. Sebelumnya, gua pengen kasih tau, mungkin post ini sedikit berunsur SARA. Jadi, harap dimaklumi ya...

Kita sebagai bangsa Indonesia memang terdiri atas ratusan suku bangsa yang berbeda. Alangkah Indahnya kalo kita yang berbeda-beda hidup damai. Mungkin kita bertanya, kenapa sih Indonesia memiliki suku yang berbeda-beda? kenapa harus ada suku Batak, suku Jawa, suku Sunda, dll? kenapa ndak kayak Amerika yang rasnya 2, satu kulit putih, satu kulit hitam? kenapa harus banyak budaya, sehingga banyak perbedaan yang muncul? dan banyak pertanyaan lain. Satu hal yang harus kalian sadari adalah Perbedaan itu Indah. Dengan adanya perbedaan, kita bisa saling melengkapi, lebih bisa menghargai orang lain, saling berbagi lifestyle dan terlihat Damai. Gua sebenernya ndak suka hidup dalam satu kubu atau satu suku, karna wawasan gua dalam mengenal budaya lain terkurung kalo lingkungan gua sukunya sama kayak gua. Lu bisa bayangin kan kalo pelangi itu cuma terdiri dari satu warna doang, pasti jelek banget kan. Sama dengan Indonesia, kalo Indonesia cuma terdiri atas Suku Jawa doang, bukan Indonesia namanya. Itu sebabnya menghargai perbedaan itu penting, Lu bisa bayangin gak? Kalo Indonesia yang memiliki lebih dari 200 ragam bahasa, suku dan budaya bisa hidup damai dan Tentram, pasti kita sebagai bangsa Indonesia bakal bangga kalo hal itu terjadi. Jadi, kenapa kalian masih rasis terhadap suku lain? Mikir?! *PakeGayaCakLontong

Terus, selain masalah Suku, Masalah Agama juga paling sering diperdebatkan, bahkan bisa memicu perkelahian. Gua disini mau bilang, memang gua seorang Kristen, tapi gua juga menganut pandangan "We Are One". Gua yakin semua agama mengajarkan bahwa setiap manusia harus memiliki kedamaian, bukan hanya umat Muslim, atau hanya Umat Kristen doang, atau Agama lainnya. Memang, Setiap agama memiliki kepercayaan dan ajarannya masing-masing, tapi toh kenapa masih ada orang yang musuhan gara-gara agama? Ada yang penyebabnya karena satu Umat memaksa untuk mengikuti ajaran agamanya sendiri, terus karena memperdebatkan masalah Agama siapa yang paling benar, dll. Kita memilih agama sesuai dengan pendapat dan keyakinan kita masing-masing, kita tidak bisa memaksa orang lain untuk mengikuti ajaran kita atau sebaliknya, karna Hal seperti itulah yang sering memicu pertengkaran. Sebenarnya, kalian sudah tahu kalo memperdebatkan agama itu bisa memicu pertengkaran, tapi kenapa masih dilakukan? Tidakkah enak, kalo Indonesia ini tidak ada pertikaian antar agama yang sebenarnya hanya dipicu oleh perdebatan tentang Agama? SEMUA Agama mengajarkan hal yang BENAR, tidak ada satupun agama-pun yang menyuruh umatnya buat membunuh, menyiksa orang lain, atau hal keji lainnya... Kalo gitu, kenapa Agama masih harus diributin? Apa kalian ndak capek debat Agama terus? Cukup jalani hidup kalian aja sesuai dengan Ajaran Agama kalian masing-masing.. kan enak kalo Indonesia damai dari pertikaian antar Agama.

Oke, setelah membahas tentang Problem dalam Indonesia, yuk! kita lihat hal-hal yang gua banggakan dari Indonesia,

Sebagai orang Non-Pribumi (Tiongkok), gua ngerasa bangga dengan Indonesia karna Indonesia masih luwes dalam hal menyambut suku. Gua belum pernah merasa di-rasis-in sama orang Pribumi atau asli Indonesia. Kalo di Amerika, orang Tiongkok itu pasti jadi bahan bully habis-habisan, Terus, orang Tiongkok di Amerika bener-bener dijauhin, dibedain pokoknya kayak minyak sama air, susah menyatunya. Gua juga sangat berterima kasih banget sama Indonesia, yang sudah menyediakan kota Bandar Lampung, tempat gua dilahirkan, terus yang sudah menyediakan kota Balikpapan, tempat gua tumbuh dan bersekolah, Gua berterima kasih sama Indonesia yang sudah menjadi tempat papa gua cari nafkah, Gua juga berterima kasih sama Indonesia yang sudah menyediakan makanan yang gua santap hingga sekarang. Memang banyak hal dari Indonesia yang mungkin kita ndak suka, tapi kalo kita mengingat Apa yang sudah Indonesia berikan buat kita, hal-hal jelek dari Indonesia pasti tertutupi.

Di akhir post ini, gua cuma mau bilang... Kita sudah merdeka 69 Tahun, yang menjaga Indonesia untuk tetap merdeka dan nyaman dihuni bukan hanya Presiden, menteri, DPR, atau semua Pemerintahan, tapi Rakyat juga harus membantu mempertahankan kemerdekaan dan Rasa Damai di Indonesia. Ayo! Kita ciptakan Indonesia menjadi Negara yang benar-benar Merdeka, bukan hanya Negara Berkembang atau Negara Maju... Selamat hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-69 Tahun, Dirgahayu Indonesia! #KecepetanDuaHari

2 Komentar:

  1. Makasih.. Bagus kok.. Btw sorry ya baru bales, gue lg sibuk sama tugas meet up kevin anggara n tugas sekolah. Baru cek blog nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ndak apa kok... thanks juga sudah mampir, sukses tugas2nya ya... :)

      Hapus