Diberdayakan oleh Blogger.

Hakuna Matata

Hakuna Matata! What a wonderful phrase
Hakuna Matata! Ain't no passing craze
It means no worries for the rest of your day
It's our problem-free philosophy
Hakuna Matata!

Selain "Trouble is a friend", ada beberapa frase yang gua jadiin sebagai moto dalam hidup gua, yaitu Hakuna Matata. Mungkin ada sebagian orang yang ndak asing dengan kalimat ini. Ya! Kalimat ini memang diambil dari sebuah judul soundtrack dalam film kartun berjudul "The Lion King". Bagi kalian yang belum tahu lagu ini, kalian bisa sekalian cek lagu + video klipnya disini. Nah terus, Apa itu Hakuna Matata?



Hakuna Matata berasal dari kata Hakuna dan Matata. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa Afrika, lebih tepatnya bahasa Swahili, dimana "Hakuna" artinya Tidak ada dan "Matata" artinya masalah yang apabila digabung maka akan memiliki arti yaitu Tidak Ada Kekhawatiran.

Sebenarnya, Tidak ada orang yang bisa luput dari masalah, tetapi tidak berarti orang tidak bisa luput dari kekhawatiran. Karena, kekhawatiran berasal dari pribadi orang masing-masing. Hidup tanpa kekhawatiran jelas menyenangkan karena tidak satu hal pun yang menghalangi atau memberikan asumsi buruk terhadap kita dalam menghadapi segala sesuatu. Memang, membuat diri kita merasa seakan-akan tidak khawatir itu sulit, tapi apabila kita sudah terbiasa dalam berpikir bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, maka segala sesuatu yang kita lakukan tidak akan membuat kita terus berpikir tentang hal buruk apa yang akan terjadi jika aku melakukan hal tersebut.

Selain itu, gua juga memiliki Ayat Alkitab (Maaf buat non-Kristen) yang gua padukan dalam moto gua yang satu ini, lebih tepatnya Ayat ini menjadi dasar dalam moto gua yaitu Hakuna Matata. Ayat tersebut berada pada Kolose 3:23 yang berbunyi : Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Gua sengaja memilih ayat ini untuk mengingatkan kalo kita melakukan segala sesuatu itu untuk menyenangkan Tuhan bukan untuk menyenangkan manusia, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam melakukan semua hal benar kalo kita melakukannya untuk Tuhan. Terkadang kita takut saat seandainya kita melakukan hal yang benar, kita takut orang-orang akan men-judge kita kalo kita itu sok baik, sok suci, mau cari muka, blablabla... Tapi satu hal yang gua dapet dari ayat itu bahwa segala sesuatu yang benar yang kita lakukan untuk Tuhan itu pasti lebih bernilai daripada untuk manusia. Terkadang kita berusaha untuk menyenangkan hati manusia, padahal belum tentu hal tersebut menyenangkan dia, malahan bisa jadi dia bakal mengomentari kalo hal yang barusan kita lakukan itu buruk dimatanya. Tapi Tuhan tidak akan demikian, karena Tuhan akan selalu menerima hal-hal yang menyenangkan Dia. #LagiTerbijakinisasi

Nah, berhubung yang gua jadiin moto itu berasal dari ayat Alkitab, gua akhirnya mencari moto yang formal tanpa berunsur SARA, nah kemudian gua menemukan frase "Hakuna Matata" itu dan akhirnya, frase tersebut gua jadiin sebagai Moto. Jadi bisa dibilang "Hakuna Matata" versi gua lahir dari sebuah ayat Alkitab.

Oke, mungkin itu aja yang bisa gua bagikan hari ini. Gua berharap mulai saat ini, elu-elu semua bisa belajar untuk tidak perlu mengkhawatirkan segala sesuatu, karena kekhawatiran itu bisa menyebabkan umur Pendek! (Gua serius...). Dan sebelumnya, gua ingin mengucapkan selamat datang kembali buat gua sendiri karena sudah 3 minggu yang lalu gua ndak ngepost #TrivialSentence... Akhir kata, Keep Calm and Hakuna Matata! Thanks for Read.

2 Komentar: