Diberdayakan oleh Blogger.

How to Truff? (Steve_Fanus' Style)

Truff, mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, tapi terdengar familiar bagi sebagian orang (apasih...) Lupakan!

Ya! Kali ini gua ingin menjelaskan cara dan peraturan dalam bermain Truff. Bagi kalian yang belum tau apa itu Truff, maka bolehlah kalian baca post ini buat menambah wawasan kalian.

Well, Truff adalah salah satu Permainan Kartu dari Indonesia dan bisa gua bilang permainan ini sekilas mirip dengan permainan kartu internasional yaitu Bridge. Tapi gua juga gak tau sih mana yang lebih dulu muncul, apakah itu Truff atau Bridge? tapi gua gak ngebahas tentang sejarah Truff, Tapi gua ingin menjelaskan cara dan aturan mainnya, lets Cekidot!

Sebelum bermain Truff, yang perlu kita butuhkan adalah :
1 Dek Kartu Remi (52 Kartu Angka-Gambar, Jokernya ndak diperlukan)
1 Alat Tulis (Buat nulis nilai)
1 Kertas/Buku/Papan Tulis (Buat jadi papan nilai, untuk melihat bentuk papan nilainya, bisa scroll ke bawah)
1 Buah Otak
1 Dewi Fortuna
Sejumlah Uang

Terus, kalo yang dibutuhkan sudah ada, kita lanjut ke cara mainnya :
1. Bagi semua kartu sama rata keseluruh pemain (dianjurkan pemainnya berjumlah 4 orang).
Semuanya terbagi rata-kan? 13-13

2. Setelah dibagikan, pastikan jumlah kartunya 13 (kalo mainnya ber-4). Setelah itu, kalian coba selidiki kartu kalian, carilah berapa jumlah kartu yang kemungkinan bisa menang dalam 1 trik/1 putaran, apabila mainnya ber-4, maka jumlah trik/putarannya adalah 13. Setelah kalian hitung apa saja kartu yang kemungkinan menang dalam 1 trik, kalian tentukan Truff-nya, Truff itu apa? Truff itu kartu dewa, atau kalo dalam istilah bridge "Trump"-nya, gunanya adalah apabila pada satu putaran lawanmu meminta mengeluarkan kartu yang bukan Truff, tapi kamu tidak memiliki kartu yang bukan Truff itu, maka kamu bisa menggunakan Truff tersebut memenangkan 1 trik tersebut. Contoh mudahnya... Semua pemain sepakat kalo Truff-nya Wajik/Diamond. Nah, contohnya si A buang kartu 2 Hati, si B buang 5 hati, si C buang King Hati, terus ditanganmu ndak ada kartu berlambang hati, kamu bisa keluarin kartu truff apa saja, contohnya kamu buang 2 Wajik, maka yang memenangkan putaran itu adalah kamu, walopun si C buang King, tapi karna kamu Truff, jadi kamu yang menang. Tapi ingat! Disaat mengeluarkan Truff, Kartu Truff harus dibalik. kalo kalian masih bingung, kalian bisa melihat penjelasan kontrak Truff dibawah... Kok lari kemana-mana ya? Lupakan!
Dianalisis dulu.... kartu apa saja yang bakal menang,
terus mana yang ingin kalian jadikan Truff.
Kalo gua sendiri bakal pasang kontrak 4 Keriting,
artinya gua harus menang 4 putaran dengan Truff keriting
3. Setelah menentukan kartu Truff dan jumlah kartu yang kemungkinan menang, kalian pasang kontraknya dengan cara diwakili oleh satu atau lebih kartu Truffnya dengan angka yang sama dengan jumlah peluang kartu yang akan menang sesuai perkiraan. Kartu yang mewakili kontrak elu, elu taruh dengan posisi terbalik, seperti gambar dibawah ini.
Kayak gini nih naruh kontraknya..
4. Setelah semua sudah memasang kontrak, kartu yang terbalik itu di buka dan dilihat siapakah yang memanangkan kontrak, untuk mengetahui urutan kontrak bisa kalian lihat paragraf dibawah.
5. Apabila jumlah kontrak ke-empat pemain lebih dari 13, artinya aturan Permainan yang digunakan adalah "Main Atas", apabila jumlah kontrak ke-empat pemain kurang dari 13, artinya aturan permainan yang digunakan "Main Bawah", apabila jumlah kontrak keempat pemain sama dengan 13, maka pemenang kontrak yang menentukan permainan akan menggunakan aturan "Main Atas" atau "Main Bawah".
Contoh Main Atas
Contoh Main Bawah
Mungkin setelah kalian membaca cara mainnya, kalian masih bingung cara menentukan siapa yang menang kontraknya, apa itu Main Atas? Apa itu Main bawah? Oke, disini gua akan jelasin

Tentang Kontrak, Main Atas dan Main Bawah
1. Cara menentukan kontrak seperti yang gua bilang sebelumnya adalah menentukan berapa jumlah kartu yang kira-kira menang dalam 1 putaran kemudian menentukan kartu apa yang dijadikan Truff. Nah, bagaimana jika kartu yang kita punya tidak bisa mewakili jumlah kartu yang kita perkirakan menang? Contohnya kita ingin memasang kontrak 5 keriting, tapi yang kita punya hanya 2,3,8,K,A keriting. Kita bisa menaruh 2 keriting dan 3 keriting sebagai kontrak, jadi tidak harus menggunakan 1 buah kartu untuk memasang kontrak, bisa saja lebih dari 1 kartu selama gambar/suitnya sama. Oh ya! Nilai masing-masing kartu adalah sesuai dengan angkanya, contohnya kartu 2 ya berarti minta 2 kontrak, kartu 4 minta 4 kontrak, kartu 9 minta 9 kontrak. Kalo Kartu As bernilai 1, kartu J,Q,K atau kartu gambar tidak ada nilainya, jadi tidak mungkin dipakai.
2. Nah setelah semua memasang kontrak, kita perlu tau dong siapa pemain yang memenangkan kontrak, bagaimana caranya? Kontrak yang dinyatakan menang apabila angka pada kartunya merupakan yang paling besar, contohnya kamu memasang kontrak 3 keriting, si A 2 Hati, si B 5 Sekop, si C 6 Wajik, maka yang memenangkan kontrak adalah si C, karna jumlah angka pada kartunya adalah 6.
Nah Bagaimana kalo ada 2 orang atau lebih yang memasang jumlah angka yang sama? maka harus dilihat gambar/suit-nya, urutan suitnya dari terendah ke yang tertinggi adalah Wajik, Keriting, Hati, Sekop, dan ada satu lagi yaitu No Truff/NT alias tidak meminta gambar atau suit apapun untuk dijadikan Truff, tapi khusus No Truff, minimal jumlah kemenangan kartu yang ditentukan adalah 7 trik, jadi tidak ada kontrak 6 NT atau 5 NT dan makin kecil, minimal harus 7 NT, 8 NT, atau lebih. Cara mengontrakkan No Truff, harus menggunakan 2 kartu atau lebih dengan 2 gambar yang berbeda atau lebih, contohnya untuk membuat 7 NT kartu yang digunakan adalah 3 keriting dan 4 wajik, maka kedua kartu tersebut mengartikan kita meminta kontrak 7 NT.
3. Sekarang Bagaimana kalo ada dua orang yang sama-sama mengontrak truff yang sama dengan jumlah yang sama? contohnya ada 3 orang yang sama-sama mengontrak 8 hati, si A menggunakan kartu 8 hati, si B menggunakan kartu 6 dan 2 hati, si C menggunakan kartu A, 3, dan 4 hati, siapakah yang memenangkan kontraknya? yang memenangkan kontraknya adalah yang memasang banyaknya kartu paling sedikit, kalo dilihat kasusnya kayak diatas, maka yang memenangkan kontrak adalah si A, apabila sia A tidak memasang kontrak seperti itu, maka yang menang adalah si B. Pokoknya, makin banyak kartu yang dibuang, makin susah untuk memenangkan kontraknya.

Nah, setelah membahas tentang kontraknya, sekarang gua akan membahas peraturan mainnya, sebelumnya kalian sempat melihat kata "Main Atas" dan "Main Bawah" kan? oke gua akan membahas itu terlebih dahulu.

"Main Atas"
Seperti yang sebelumnya gua jelasin diatas bahwa aturan Main Atas akan berlaku apabila jumlah kontrak ke-4 pemain lebih dari 13. Nah, kita ambil contohnya jumlah kontraknya seperti pada gambar diatas dengan caption "Main Atas" yaitu 18. Logikanya saja, kalo pemain truffnya 4 orang, maka jumlah putaran/trik-nya pasti cuma 13, sedangkan total dari kontrak (Sebenarnya Pengertian kontrak dengan banyak putaran/trik itu sama, seperti kalian menentukan kontrak awal, kontrak itu sendiri merupakan peluang kalian menang dalam satu putaran) adalah 18, maka ada 5 putaran yang tidak mungkin didapatkan.
Nah, orang yang tidak berhasil mendapat 1 trik mendapat poin -2 (Minus 2), contohnya si A memasang kontrak 5, artinya dari 13 putaran dia harus memenangkan 5 putaran, dan apabila sampai akhir permainan dia hanya memenangkan 4 kali putaran, maka si A mendapat -2 karna gagal memenangkan 1 putaran, apabila si A hanya memenangkan 3 putaran, maka si A mendapat -4 karna gagal mendapat 2 putaran, dan seterusnya.
Bagi mereka yang memenangkan kontraknya dengan pas (ndak kurang, ndak lebih) maka poin yang didapat sesuai dengan jumlah kontrak yang dia minta, contohnya si B yang meminta 5 putaran, maka apabila dia memenangkan 5 putaran pula, dia mendapat poin +5.
Nah, bagaimana kalo kelebihan? maka yang kelebihan akan mendapat poin -1 (Minus 1), contohnya si C, yang meminta memenangkan 4 putaran, ndak disangka si C mememangkan 5 putaran, berarti dia lebih, maka dia mendapat -1, kalo si C memenangkan 6 putaran, maka si C mendapat -2, dan seterusnya.
Jadi diusahakan untuk memenangkan kontrak yang memang kalian pasang, jangan kurang tapi jangan lebih juga.

"Main Bawah"
Sesuai dengan dengan sebelumnya, atura Main Bawah berlaku apabila jumlah kontrak ke-4 pemain kurang dari 13. Nah, kita ambil contoh jumlah kontraknya seperti pada gambar diatas dengan caption "Main Bawah" yaitu 12. Logikanya, sama seperti diatas, kalo pemainnya 4 orang, maka jumlah putaran/triknya pasti cuma 13, sedangkan total kontraknya adalah 12, maka masih ada 1 putaran yang akan didapat.
Nah, orang yang mendapatkan 1 trik alias kelebihan dari jumlah kontraknya akan mendapat poin -2 (Minus 2), contohnya si A memasang kontrak 4, artinya dari 13 putaran dia harus memenangkan 4 putaran, dan apabila si A tidak sengaja kelebihan alias memenangkan 5 putaran, maka si A mendapat poin -2, apabila si A kelebihan 2 kontrak alias memenangkan 6 putaran, maka si A mendapat poin -4, dst.
Bagi mereka yang memenangkan kontraknya dengan pas (ndak kurang, ndak lebih) maka poin yang didapat sesuai dengan jumlah kontraknya, sama seperti Main Atas. Contohnya si B yang meminta 3 putaran, maka apabila dia memenangkan 3 putaran pula, maka dia akan mendapat poin +3
Nah, bagi yang kekurangan, sebaliknya dengan Main Atas, yang kurang akan mendapat poin -1 (Minus 1), contohnya si C, yang meminta memenangkan 3 putaran, ndak disangka si C hanya memenangkan 2 putaran, maka dia mendapat -1, kalo si C hanya memenangkan 1 putaran, maka si C akan mendapat -2, dst.
Jadi, begitu pula dengan Main Bawah, diusahakan untuk memenangkan kontrak yang kalian sudah pasang, jangan lebih tapi jangan kurang juga.

Nah, satu lagi nih! Apabila jumlah kontrak yang ditaruh keempat pemain berjumlah 13, maka permainan tersebut tidak bisa dimainkan dengan aturan Main Atas ataupun Main Bawah, bagaimana dong?
Contoh jumlah kontraknya 13. si A pasang 4, si B pasang 3
si C pasang 2, elu pasang 4. Maka, 4+3+2+4=13.
Artinya yang memenangkan kontrak yang berhak menentukan aturan mainnya. Contohnya seperti gambar di atas, disitu jelas yang memenangkan kontrak adalah elu, maka lu berhak nentuin aturan mainnya, apakah Main Atas atau Main Bawah. Apabila elu milih Main atas, maka jumlah kontrak tiap pemain ditambah 1, Jadi si A menjadi 5, si B menjadi 4, si C menjadi 3, elu sendiri menjadi 5. Apabila elu milih Main Bawah, maka jumlah kontrak tiap pemain dikurangi 1, maka si A menjadi 4, si B menjadi 2, si C menjadi 1 dan elu sendiri menjadi 4.

Cara Bermain, Aturan dan Larangan
1. Setelah mengetahui jumlah kontrak masing-masing, siapa yang memenangkan kontrak, apa Truff yang digunakan (Atau bisa saja No Truff). Maka, yang memenangkan kontrak yang akan jalan duluan, Semua kartu boleh dikeluarkan asal jangan kartu Truffnya. Setelah dikeluarkan kartunya, maka cara bermainannya sama dengan main Cangkul atau Cangkulan atau Minuman atau apalah namanya (Kalo kalian ndak Tau main Cangkul, silahkan searching di Om Google) Dengan urutan 2 paling rendah, kemudian 3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K lalu dimana As merupakan yang paling tinggi.
2. Apabila kartu yang di buang tidak ada ditanganmu, maka kamu bebas membuang kartu apapun, entah itu Truff atau bukan Truff. Kalo kamu buang kartu Truff, Ingat! lu harus membalikkan posisi kartunya, seperti yang sebelumnya gua sudah jelasin diatas, kalo ke-3 pemain lain membuang kartu yang bukan truff, kemudian lu berikan truff, maka otomatis lu yang menang, kecuali ada pemain lain yang juga membuang truff dan truff yang dia buang lebih besar, maka pemain tersebutlah yang menang.
3. Nah, seperti diatas, Apabila kartu yang di buang tidak ada ditanganmu, maka lu bebas membuang kartu apapun, entah itu Truff atau bukan Truff. Kalo kamu buang kartu yang bukan Truff, otomatis lu ndak memenangkan trik/putaran tersebut. Biasanya istilah yang gua bilang dalam kasus ini adalah "Discard". Biasanya cara discard digunakan untuk membuat kita tidak kelebihan memenangkan kontrak, karna gak selalu kalo kita menang kontrak itu bisa bikin menang, kalo kita kelebihan juga kan dapet poin minus.
4. Setelah semua kartu habis, maka penilaian dimulai. Kita ambil contoh permainnya pada gambar dengan caption "Main Atas" dimana si A memasang kontrak 5, si B memasang kontrak 5, si C memasang kontrak 4 dan lu masang kontrak 4. Contohnya hasil akhirnya adalah si A mendapat 1 kontrak, si B mendapat 3 kontrak si 4, dan elu mendapat 5. Sesuai dengan aturan Main Atas, dimana kalo yang kurang 1 kontrak mendapat -2, kalo lebih 1 kontrak mendapat -1, dan kalo pas akan mendapat poin sesuai dengan jumlah kontraknya. Kalo kasusnya seperti diatas, kita lihat satu-satu dulu. Si A hanya mendapat 1 kontrak, yang berarti si A kurang 4 Kontrak, maka dia mendapat poin -8 (Minus 8), si B hanya mendapat 3 kontrak, yang berarti si B kurang 2 kontrak, maka dia mendapat poin -4 (Minus 4), si C mendapat 4 kontrak, yang berarti si C pas jumlah kontraknya, maka dia mendapat poin +4 sesuai dengan jumlah kontraknya, kemudian elu mendapat 5 kontrak, yang berarti lu kelebihan 1 kontrak, maka elu mendapat poin -1 (Minus 1). Nah, gua sendiri membuat papan nilainya seperti gambar dibawah ini,

Ya, mungkin itu saja yang bisa gua bagikan tentang Permainan Truff, gua berharap bisa menambah wawasan lu tentang Game Card, Tapi gua ingatkan! Jangan pernah memainkan game ini dengan uang atau taruhan karna bisa memicu tindakan kriminal kawan! Kalian juga bisa menambah aturan main Truff yang mungkin gua lupakan di comment box. Well, that's all from me, Thanks for Read.

0 Komentar:

Posting Komentar